Ketika saya lagi baca buku Rise Above The Crowd karya Indrawan Nugroho, saya menemukan satu infografis yang cukup menarik dan saya rasa cukup informatif untuk di re-share.

Judul infografisnya adalah Top 10 Startup Mistakes. Kalau di buku Rise Above The Crowd, infografis “10 Kesalahan Terbesar Startup” ini muncul saat sedang membahas validasi pasar. Maka sangat tepat Indrawan Nugroho menyertakan infografis ini untuk juga mendukung fokus yang sedang dibahas.

Dalam infografis 10 Kesalahan Terbesar Startup ini bisa kita lihat bahwa bagian terbesar dari kesalahan startup adalah building something nobody wants atau menciptakan produk yang tidak diinginkan oleh orang.

Memang betul, semua startup lahir dari sebuah inovasi untuk menyelesaikan sebuah masalah. Setiap startup berlomba untuk mewujudkan ide-ide kreatif mereka, baik yang diaplikasikan dengan teknologi maupun secara konvensional. Tapi perlu kita cermati lagi, apakah ide-ide tersebut memang benar-benar dibutuhkan oleh pasar?

Sebelum divalidasi langsung ke pasar, ide-ide tersebut hanyalah sebatas asumsi dan menurut saya asumsi itu sangat berbahaya dan bisa merugikan. Maka dari itu, sangat perlu kita melakukan survey untuk memastikan apakah ide yang kita ciptakan itu membantu menyelesaikan permasalahan pasar atau tidak, dan apakah mereka mau mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut?

Jangan sampai kita sudah mengeluarkan investasi uang, tenaga dan pikiran yang besar, namun ketika dilepas ke pasar ternyata produknya nggak laku. Itu namanya gambling! Seorang entrepreneur sendiri harus bisa membuat projection berapa cost yang akan dikeluarkan, berapa nantinya keuntungan yang bisa didapat dan berapa lama akan balik modal.

Yuk, sharing pengalaman kalo kamu pernah punya cerita kegagalan dalam membangun startup!

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *