Site Loader

Beberapa hari lalu ada teman tuli ngechat saya, apakah saya ada info seminar? Karena kebetulan saya diminta bantuan untuk handle event Hi,Tech Conference, akhirnya saya kasih lah free special invitation buat dia (karena eventnya berbayar).

Nggak nyangka kemarin dia beneran dateng. Namanya Dio, salah satu teman tuli yang ditempatkan kerja di FWD Life Indonesia oleh ThisAble Enterprise. Awalnya sempet nggak kebayang juga, gimana cara dia dengerin apa yang diomongin sama narasumber? Apalagi kalo kontennya ada bahasa inggris. Dia bahkan ikut nyanyi (baca text) Indonesia Raya.

Karena saya bangga banget, pas jam istirahat saya ajak dia ke ruangan panitia untuk saya kenalin ke temen-temen saya. Sambil makan siang, banyak yang penasaran sama dia dan saya bantu tanyain. Ternyata dia pakai aplikasi semacam speech to text untuk nangkep konten pembicara.

Yang paling bikin saya penasaran, kenapa dia tiba-tiba nanyain soal seminar? Ternyata dia habis baca sebuah artikel yang bilang bahwa intinya ikutan seminar itu bagus buat masa depan dia. Saya sangat apresiasi antusiasmenya.

Saya yang awalnya ngga pernah kepikiran tentang disabilitas, sekarang tau kalo mereka sebenarnya ada dimana-mana dan pengen juga dapet kesempatan yang sama dengan kita, meskipun mereka tau itu ngga mudah karena banyaknya hambatan.

Faiz Rabbani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *