Siapa sih yang nggak pengen jadi orang yang bisa menebar banyak manfaat untuk orang lain?
Nggak terkecuali saya, seringkali saya memikirkan “apa lagi yang bisa saya lakukan untuk ngebantu orang lain?”

Saya punya kepercayaan bahwa segala hal di dunia ini nggak ada yang sia-sia, entah itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk, semua pasti akan mendapatkan balasan. Perbuatan buruk yang kita lakukan ke siapapun (sesama manusia) atau apapun (misalnya kepada alam), akan kembali ke diri kita lagi.

Ada sebuah pepatah yang mengatakan, apa yang kita tanam itulah yang kita tuai. Tanamlah kebaikan, maka kita akan menuai kebaikan. Hal ini selaras juga seperti yang saya baca di buku “Kubik Leadership” yang mengatakan bahwa setiap manusia merupakan alam semesta kecil yang mana juga terdapat hukum kekekalan energi, “Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan; namun ia dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain.” Hal ini mengartikan bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan merupakan sebuah energi, baik itu energi positif maupun energi negatif. Energi tersebut nggak akan hilang setelah kita keluarkan, melainkan akan berubah menjadi berbagai energi lain dan kemudian pada akhirnya akan kembali kita terima suatu saat nanti sehingga mirip dengan konsep investasi.

Berkaitan dengan niat untuk terus menebar energi positif, saya punya inisiatif mendedikasikan diri untuk membuatkan website untuk Social Enterprise secara GRATIS.

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini nggak 100% tanpa biaya. Setiap yang mau dibuatkan website, perlu menyewa domain dan hosting sebagai tempat website tersebut dibangun dan tentunya ini nggak saya cover karena peran saya disini adalah membantu untuk men-develop websitenya. Ibarat kalo mau bikin rumah, saya yang jadi kuli bangunannya, kalian yang beli tanah sama bahan baku pembangunannya. Meskipun begitu, nggak ada tendensi selain ingin membantu, apalagi bermaksud untuk mendapatkan keuntungan.

Sekedar membagikan pikiran, beberapa hal yang menjadi landasan saya untuk membuat inisiatif ini adalah:

  • Saya ingin membantu orang lain yang layak dibantu karena kebermanfaatan usahanya bagi masyarakat atau dengan kata lain merupakan social enterprise;
  • Saya punya passion untuk do something dan membuat karya;
  • Saya punya sedikit kemampuan dalam hal ini.
  • Menjaga diri agar tetap produktif.

Kalo ditanya, “kenapa Social Enterprise?” Saya rasa semua sepakat, karena memang visi dan frekuensi kita sama. Dalam kegiatan usaha yang kita jalani mesti ada nilai manfaatnya bagi orang lain. Entah itu membuat orang lain jadi lebih berdaya, lebih teredukasi ataupun gerakan kebaikan lainnya.

Saya hanya bisa menjanjikan website sederhana sesuai kemampuan saya dan ini dilakukan tanpa coding. Sekedar untuk diketahui, saya menggunakan plugin Elementor yang gratis untuk membangun website nya. Jadi hilangkan dulu angan-angan untuk bikin website yang canggih. Kita lihat apa yang bisa dilakukan dengan plugin gratisan tersebut, atau kalo kalian ada yang ingin pakai fitur PRO alias yang berbayar dari plugin tersebut.

Jadi buat kalian yang punya social enterprise dan berencana untuk bikin website, saya sangat welcome dan bisa reach me out ke faiz.rabbani94@gmail.com untuk berdiskusi lebih lanjut!

Update website yang saya develop:

  • nickyclara.com
  • academylatifa.com
  • thisable.org
  • thisablerecruitment.com
  • digitalhero.us
Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *